In your html page, add the snippet and call gtag_report_conversion when someone clicks on the chosen link or button. --> 5 Alasan IELTS jadi Syarat Kuliah di Luar Negeri
top of page
Search

5 Alasan IELTS jadi Syarat Kuliah di Luar Negeri

Updated: Jan 11

Walaupun tidak semua universitas menjadikan IELTS sebagai salah satu berkas persyaratan, secara umum universitas di berbagai negara menjadikan sertifikat IELTS sebagai berkas yang wajib dicantumkan oleh mahasiswa internasional. Hal ini dikarenakan International English Language Testing System atau IELTS adalah tes berstandar internasional yang dirancang untuk mengetahui tingkat kemampuan Bahasa Inggris seseorang, baik secara pemahaman, penulisan, serta pengucapan. Berikut alasan utama yang menjadi pertimbangan bagi mayoritas kampus menjadikan IELTS sebagai berkas persyaratan:


  1. Bahasa Pengantar Studi Seperti yang kita ketahui, bahasa yang digunakan dunia internasional adalah Bahasa Inggris, hal ini membuat kebanyakan program studi menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Oleh karena itu, penting bagi universitas menjadikan IELTS sebagai syarat kuliah di luar negeri untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris calon mahasiswa guna memastikan bahwa mereka dapat memahami dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

  2. Komunikasi Akademis Dalam proses pembelajaran, tidak jarang pihak kampus memberikan sebuah proyek akademis yang mengharuskan para siswa bekerja dalam sebuah tim. Sehingga mahasiswa diharapkan mampu berkomunikasi secara lancar dalam Bahasa Inggris. Sertifikat IELTS memberikan gambaran tentang kemampuan berkomunikasi secara akademis calon mahasiswa.

  3. Pengujian Kemampuan Berbeda dengan TOEFL yang hanya terdiri dari pengujian grammar, membaca, dan mendengar, tes IELTS memiliki dua pengujian tambahan, yaitu menulis dan berbicara. Hal ini membuat tes IELTS mampu menguji kemampuan calon mahasiswa dalam menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

  4. Kesuksesan Proses Studi Penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar menjadikan kemampuan Bahasa Inggris penting dalam kesuksesan proses studi. Sertifikat IELTS yang dicantumkan oleh calon mahasiswa memperlihatkan bahwa ia telah siap untuk belajar di dalam lingkungan berbahasa Inggris.

  5. Perbandingan Standar IELTS yang merupakan tes berstandar internasional, menjadikannya mampu menilai kapasitas Bahasa Inggris calon mahasiswa yang berasal dari latar belakang dan negara yang berbeda-beda.

  6. Visa dan Imigrasi Beberapa negara menjadikan sertifikat IELTS sebagai berkas yang harus dipenuhi dalam pembuatan visa pendidikan.


ielts syarat kuliah di luar negeri


Mau kuliah luar negeri tapi khawatir dengan tes IELTS? Tenang aja, Yanks & Brits bisa banget jadi bestie yang siap bantu kamu buat dapetin skor IELTS yang baik.

bottom of page