In your html page, add the snippet and call gtag_report_conversion when someone clicks on the chosen link or button. --> Memahami Apa Itu tes SAT, Format Soal, Biaya, dan Jadwal Tes SAT 2024
top of page
Search

Memahami Apa Itu tes SAT, Format Soal, Biaya, dan Jadwal Tes SAT 2024

Apakah kamu salah satu siswa yang pengen kuliah di Amerika? Kalau iya, kamu ga asing lagi dong dengan sebutan SAT? Karena tes SAT jadi salah satu syarat masuk universitas di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Buat kamu yang masih bingung apa itu tes SAT, format soal, biaya dan jadwal tes SAT 2024, yuk kita kulik bareng! Apa itu tes SAT?



apa itu tes SAT?


SAT (Scholastic Assessment Test) adalah tes yang digunakan untuk menilai keterampilan intelektual calon siswa. Seperti yang kita ketahui, setiap negara memiliki standar akademis dan kurikulum yang berbeda, sehingga diperlukan tes standarisasi sebelum masuk ke Universitas. Hal ini bertujuan agar nantinya seluruh siswa mampu mengikuti proses akademik dengan baik. Tes SAT pertama kali diperkenalkan oleh organisasi nirlaba Amerika Serikat yang bernama College Board pada tahun 1926. Sejak dicetuskan, SAT mengalami beberapa kali pembaruan. Hal ini mencerminkan pendidikan yang terus berkembang. 



Apa saja materi tes SAT?


Tes SAT digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman membaca, kemampuan pemecahan masalah matematika,  dan kemampuan menulis yang bertujuan untuk melihat tingkat kesiapan akademis calon mahasiswa. SAT test dibagi menjadi dua sub sektor, yaitu Evidence-based reading and writing (EBRW) dan matematika. Soal matematika pada tes SAT terdiri dari dua bagian, yaitu bagian yang bisa menggunakan kalkulator (terdiri dari 38 soal dengan durasi 55 menit) dan bagian yang tidak bisa menggunakan kalkulator (terdiri dari 20 soal dengan durasi 25 menit). Bagian reading test terdiri dari 52 soal dengan durasi 65 menit, serta writing & language test terdiri dari 44 soal dengan durasi 35 menit. Total skor tes SAT adalah 1600 dengan komposisi matematika 800 poin dan EBRW 800 poin. Durasi tes SAT adalah 3 jam. So, pastikan kamu melakukan persiapan yang matang agar bisa menjawab semua pertanyaan dengan waktu yang terbatas. 



Biaya pendaftaran dan jadwal tes SAT 2024


Untuk mengikuti SAT test, kamu perlu membayar pendaftaran sebesar 60$ plus regional fee sebesar 43$. Berikut jadwal tes SAT periode Maret-Juni 2024.

Tanggal Tes

Deadline Pendaftaran

Deadline Perubahan Waktu, Tempat, Keterlambatan, dan Pembatalan Registrasi

 9 Maret 2024

23 Februari 2024

27 Februari 2024

4 Mei 2024

19 April 2024

23 April 2024

1 Juni 2024

16 Mei 2024

21 Mei 2024


Apa aja yang harus dipersiapkan sebelum tes SAT?


Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah mencari tahu dan memahami tipe soal serta durasi waktu pengerjaan tes SAT. Selanjutnya kamu perlu mempelajari materi yang diujikan pada tes SAT. Kamu juga perlu berlatih mengerjakan soal SAT agar terbiasa dan tidak kaget lagi ketika mengikuti ujian SAT. Kalau masih bingung dan takut menghadapi tes SAT, para tutor profesional di Yanks and Brits English Institute siap bantu kamu persiapkan diri untuk menghadapi tes SAT. Semangat! Jangan biarkan kesulitan tes SAT halangi mimpimu!


bottom of page