In your html page, add the snippet and call gtag_report_conversion when someone clicks on the chosen link or button. --> Apa itu Band Score IELTS?
top of page
Search

Apa itu Band Score IELTS?

Updated: Jan 11

Tahukah kamu kalau ada sebutan “Band” dalam penilaian IELTS? Eits, tapi band yang dimaksud bukan musisi ya, melainkan “Band Score”. Yuk, kita bahas bareng-bareng apa itu band score IELTS.



ielts band score


IELTS Band score adalah sebutan untuk sistem penilaian tes IELTS. Skor ini didapatkan dari hasil rata-rata keempat elemen tes. Hasil tes IELTS diberikan dalam bentuk “band” atau “tingkat” yang memiliki kategorisasi tersendiri. Berikut penjelasan terkait kategorisasi tersebut.


Band 1-3 : Non-user

Kategori ini mencerminkan tingkat pemahaman bahasa Inggris yang sangat rendah. Seseorang dengan IELTS band score 1 memiliki pemahaman bahasa yang sangat minim,  hanya meliputi pengetahuan terhadap kosa kata dan penggunaan bahasa secara umum sehingga belum memungkinkan untuk berkomunikasi secara dua arah. Seseorang yang memiliki band score 2 dianggap memiliki pemahaman bahasa Inggris yang terbatas dan hanya mampu memberikan penyampaian dalam situasi sederhana atau sangat akrab. Sedangkan band score 3 mencerminkan masih adanya kemungkinan pemahaman terhadap teks bahasa Inggris, serta dapat berkomunikasi dengan lebih baik, namun masih terbatas dengan kosakata sederhana dan umum. Band score 1-3 ini menunjukkan perlunya pembelajaran dan latihan yang lebih lagi untuk meningkatkan kemampuan IELTS.

   

Band 4 : Limited user

Band score 4 mencerminkan seseorang sudah mulai memperhatikan penggunaan tata bahasa, namun masih memiliki keterbatasan terutama ketika berkomunikasi pada situasi kompleks. Pada band score ini, seseorang juga masih mengalami kesalahan pengucapan kata.


Band 5 : Modest user 

Band score 5 menunjukkan seseorang sudah bisa menguasai bahasa dalam konteks umum, namun masih terdapat kesulitan dalam situasi formal atau teknis. Band ini mulai dianggap sebagai band yang memadai untuk masuk ke universitas atau tujuan imigrasi di beberapa negara.


Band 6 : Competent user 

Peserta dengan skor ini dianggap sebagai band yang memadai. Peserta dengan skor ini sudah memiliki pengetahuan kosakata dan tata bahasa yang lebih baik, sehingga bisa berkomunikasi dalam kebanyakan situasi, namun masih terdapat kendala saat menghadapi situasi yang lebih kompleks atau teknis.


Band 7-8 : Good user 

Seseorang dengan skor ini mampu berbicara dengan lancar dan minim melakukan pengulangan atau perbaikan kata ketika berbicara. Selain itu, juga sudah memiliki kemampuan untuk menggunakan kosakata yang jarang digunakan beserta idiom, sehingga memiliki kemampuan pemahaman bahasa Inggris yang baik dalam berbagai situasi.


Band 9 : Expert User 

Band score 9 merupakan band tertinggi dalam IELTS yang menunjukkan pemahaman dan kemampuan komunikasi yang sangat tinggi. Peserta dengan skor ini dianggap sebagai pengguna bahasa Inggris yang mahir karena mampu berbicara dengan lancar, mampu menggunakan tata bahasa secara natural dan tepat yang dapat dimengerti dengan mudah ketika berbicara dengan native speakers.


Setiap negara memiliki persyaratan band score minimum berbeda-beda. Namun, kebanyakan negara memberikan skor 6 sebagai syarat minimum. 


Gimana? Kamu punya target band score IELTS berapa nih? Yuk persiapkan diri kamu dari sekarang sebelum menghadapi tes IELTS, biar hasilnya maksimal.


Kamu juga bisa mulai persiapan tes IELTS bareng Yanks and Brits English Institute, loh.


bottom of page