In your html page, add the snippet and call gtag_report_conversion when someone clicks on the chosen link or button. -->
top of page
Search

Mengenal Perbedaan Student Visa dan WHV (Working Holiday Visa)

Updated: Jan 16


perbedaan student visa dan whv


Siapa yang tak ingin merasakan pengalaman kuliah di luar negeri? Pasti kita semua menginginkannya. Tapi, sebelum benar-benar melangkah ke dunia perkuliahan internasional, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari meningkatkan kemampuan bahasa, menyusun berkas administrasi, hingga mengurus visa. Perlu diingat, visa yang dibutuhkan untuk studi berbeda dengan working holiday visa. Jadi, apa sebenarnya perbedaannya? Simak penjelasan mengenai perbedaan antara student visa dan whv atau working holiday visa berikut.



Tujuan Perjalanan


Visa pelajar adalah visa yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan, baik itu di sekolah maupun universitas di negara tujuan. Sementara itu, working holiday visa adalah visa yang memungkinkan seseorang untuk bekerja sambil berlibur. Dua jenis visa ini memiliki fokus dan tujuan berbeda sesuai dengan kepentingan masing-masing.



Masa Berlaku Visa


Berbeda dengan working holiday visa yang memiliki durasi relatif singkat, yaitu berkisar 6 hingga 12 bulan saja, masa berlaku visa pelajar adalah selama periode studi penuh. Masa berlaku visa pelajar sangat berkaitan dengan waktu resmi pendidikan yang diikuti di negara tujuan, hal ini memberikan fleksibilitas lebih kepada pemegang visa untuk menempuh pendidikan mereka.



Kategori Eligibilitas/Kelayakan


Proses mendapatkan visa pelajar memerlukan langkah-langkah khusus. Salah satunya adalah memperoleh surat penerimaan resmi dari institusi pendidikan di negara tujuan. Selain itu, kamu juga perlu menyusun dokumen bukti keuangan dan berkas-berkas lain yang mendukung rencana studi. Di sisi lain, untuk memperoleh working holiday visa, langkahnya relatif lebih sederhana. Kamu hanya perlu menyediakan dokumen bukti dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga formulir kesehatan tanpa perlu adanya surat penerimaan resmi dari sebuah institusi di negara tujuan.



Aturan Pekerjaan


Dengan memegang visa pelajar, kamu memiliki fleksibilitas untuk bekerja paruh waktu selama masa studi di negara tujuan, namun kamu diberikan batasan jam kerja per minggu. Sedangkan pemegang working holiday visa dapat bekerja di berbagai pekerjaan selama masa visa berlaku, namun ada beberapa negara yang juga memberikan batasan jenis dan waktu bekerja.



Batas Usia


Working holiday visa memiliki batasan usia, yaitu 18 sampai 30 tahun. Sedangkan visa pelajar tidak memiliki batas usia, namun kebanyakan pemegang visa pelajar adalah mereka yang ingin menempuh jenjang pendidikan sekolah menengah atau universitas.



Perlu diingat bahwa setiap negara punya aturan berbeda untuk student visa dan working holiday visa, sehingga penting untuk mencari informasi detail sesuai negara tujuan. Kamu bisa berkonsultasi dengan konsultan pendidikan terpercaya seperti ICAN Education Consultant Medan guna mempermudah kamu dalam pembuatan visa pelajar dan persiapan kuliah di luar negeri.


Kunjungi laman instagram ICAN Education Consultant Medan di https://www.instagram.com/icaneducationmedan/


atau konsultasi langsung di Kantor ICAN Education Medan 

Jln. Labu No. 1 / L 21 Lt. 2 & 3, Petisah Hulu, Medan Baru, Medan City, North Sumatra 20153


bottom of page